ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

ADAB PARA SAHABAT

Rabu, 29 Maret 2023


Ketika Sayyidina Umar bin Khattab blm masuk Islam, beliau merupakan musuh Islam yang menebar teror kepada budak-budak dan orang lemah. Hal ini, pada khususnya, beliau lakukan kepada keluarga beliau sendiri dari Bani Makhzum dan Bani 'Adiyy.
.
Suatu saat, beliau mendengar bahwa adik beliau, Fathimah binti Al Khaththab, masuk Islam bersama suaminya. Beliau bergegas ke rumah adik beliau dan mengetuk dengan keras pintu rumah adik beliau.
.
Ternyata, kabar itu benar. Ketika beliau hendak masuk, terdengar Fathimah dan suaminya sedang belajar Al-Quran dari seorang sahabat. Mengetahui hal tersebut, beliau marah besar, berusaha membunuh suami Fathimah, sampai Fathimah pun kena pukulan kakaknya ketika mencoba melerai keduanya.
.
Seakan tersulut emosi pula, namun berdasar iman, Fathimah menantang sang kakak untuk berbuat apa yg dia mau. Mendengar hal itu, Sayyidina Umar terkejut, dan tersadar akan kemarahannya. Melihat mulut adik beliau berdarah karena terpukul, beliau pun duduk dan rasa marahnya pun mulai reda.
.
Sambil duduk, beliau melihat ada lembar mushaf yang disembunyikan secara serampangan. Beliau meminta Fathimah utk menyerahkannya. Fathimah menolak untuk memberikannya krn Umar msh kafir waktu itu. Versi lain, beliau meminta Umar utk mandi terlebih dahulu sebelum memegang kertas bertuliskan ayat2 tersebut.
.
Setelah dibaca, ternyata ayat tersebut menggugah hati Umar akan Islam. Beliau pun mencari Rasulullah dan mengikrarkan Islam.
.
.
Perhatikanlah bagaimana seorang Sahabiyah, Fathimah binti Al Khaththab memuliakan Lembaran Quran. Beliau meminta Umar utk mandi terlebih dahulu sebelum menyentuhnya.
.
Maka, jika ada yang dengan sembarangan meletakkan mushaf Quran di bawah, lantai, dan sejajar dengan kakinya, dengan alasan 'Quran ini kan benda. Yang kita baca memang kalamullah, namun kitabnya kan makhluk, tidak perlu dikultuskan.', sepantasnya mereka mengulang membaca kisah ini.
.
.
Adab adalah penghormatan, bukan pengkultusan. Nabi Muhammad pun mencium Hajar Aswad sebagai penghormatan. Kalau kita tidak menghormati simbol-simbol agama kita; Masjid, Quran, hingga arah kiblat (banyak, kan, yang 'selonjoran' ke arah kiblat), padahal simbol tersebut dimuliakan Allah, maka siapa lagi yang akan menghormatinya?
.
Belajarlah adab sebelum ilmu. Karena agama tanpa adab bagaikan masak beras tanpa air. Aneh rasanya.

Kontributor : Muhammad Ibnu Salamah
Editor : Hafidh Muhammad
Share This :

0 Comments