ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Bakti Sosial dan Qurban PR IPNU IPPNU Wonoyoso di Dukuh Karanggondang, Desa Lebakbarang, Pekalongan

Sabtu, 16 Juli 2022

 


Pada tanggal 9 Juli 2022 yang bertepatan dengan hari raya Idul Adha 1443 H, PR IPNU IPPNU Wonoyoso telah melaksanakan salah satu program kerja yang bersangkutan langsung dengan masyarakat, kegiatan BAKTI SOSIAL DAN QURBAN ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang di laksanakan oleh pengurus IPNU IPPNU WONOYOSO yang biasanya di sasarkan pada masyarakat daerah pegunungan atau daerah daerah lain atas rekomendasi Ketua NU Wonoyoso Bapak Ustad Abdul Mukti yang juga salah satu anggota LDNU Kab. Pekalongan. 


Kegiatan ini mempunyai tujuan untuk mengenalkan dan melatih untuk berqurban kepada anggota IPNU IPPNU Wonoyoso sendiri serta untuk melaksanakan bakti organisasi kepada masyarakat umum serta memper erat hubungan silaturahmi antara pengurus IPNUU IPPNU Wonoyoso dengan masyarakat yang ditujukan untuk lokasi bakti sosial dan qurban. 

Untuk kegiatan kali ini dilaksanakan di dukuh Karanggondang desa Lebakbarang Kecamatan lebakbarang kab. Pekalongan. 

Kegiatan bermula dengan prosesi pemberangkatan panitia Bakti sosial dan qurban yang dengan ini oleh PR IPNU IPPNU Wonoyoso pada pukul 14.00 WIB, dari Gedung NU Wonoyoso yang di pimpin langsung oleh Rekan Saiful Islah selaku ketua panitia kegiatan tersebut. 

Panitia sampai ke lokasi pada pukul 16.00 WIB tepatnya di Masjid Jannatul Huda, dukuh karanggondang, desa lebakbarang. Dan dilanjutkan dengan brifing antara panitia bakti sosial dengan perwakilan pemuda setempat yang di wakilkan oleh Mas Ustad kholiq selaku pengurus masjid Jannatul Huda. Kegiatan brifing berjalan dengan baik dengan tujuan untuk membagi tugas saat part part kegiatan selanjutnya. 

Lalu di lanjutkan dengan sholat maghrib berjama'ah di masjid dan buka puasa sunnah bersama sama di transit panitia, setelah itu dilanjut lagi dengan sholat isya bersama. 

Setelah sholat isya berjamaah panitia melanjutkan kegiatan selanjutnya yaitu kegiatan Pengajian Umum dalam rangka bakti sosial dan qurban PR Ipnu Ippnu Wonoyoso. Kegiatan pengajian berlangsung ramai dengan antusiasme masyarakat sekitar yang luar biasa. Di mulai dari pembacaan maulid al barzanji oleh grup rebana Ipnu Wonoyoso dengan Ipnu Ippnu karanggondang yang berlangsung dengan khidmat dan meriah. Lalu diteruskan dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh rekan Muhammad Khafid dari Wonoyoso, di lanjut dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, mars syubanul wathon, mars Ipnu dan mars ippnu. Dan di lanjut dengan sambutan sambutan yang dengan ini di bawakan oleh ketua panitia Bakti sosial rekan Saiful Islah dan perwakilan dari mwc NU lebakbarang dan masyarakat sekitar yang di bawakan oleh Ustad Ahyar. 

Dan ditutup dengan mauidhoh khasanah yang berlangsung meriah dan luar biasa oleh Ustad Lukmanul Hakim dari karanganyar, serta doa penutup oleh Bapak ustad Abdul Mukti ketua PR NU Wonoyoso. 

Setelah acara pengajian umum berlangsung maka dilanjut dengan mengumandangkan takbir bersama pemuda sekitar masjid Jannatul Huda sampai subuh tiba. 

Keesokan hari nya tanggal 10 Juli 2022 atau tepat nya hari Raya Idul Adha, panitia melaksanakan sholat idul Adha bersama masyarakat sekitar yang di imami oleh Ustad Khafid dari kertijayan. 

Dilanjut dengan kegiatan inti yaitu penyembelihan Hewan Qurban, pada kesempatan kali ini hewan qurban yang di sembelih berupa kambing, yang alhamdulillah bisa mencakup seluruh masyarakat dukuh karanggondang desa lebakbarang yang kurang lebih sejumlah 75 kartu keluarga. 

"Harapan nya Semoga kegiatan kegiatan semacam ini bisa menjadi motivasi kepada anggota ipnu ippnu terutama pengurus ranting Ipnu Ippnu Wonoyoso sendiri agar senantiasa bersedia untuk melaksanakan qurban dan memper erat tali silaturahmi antar Ipnu Ippnu dan masyarakat" Kata Izul Arob selaku ketua Ipnu Wonoyoso. 

"Dan harapan nya kegiatan ini bisa tetap berlanjut di kepengurusan Ipnu Ippnu Wonoyoso selanjutnya mengingat tahun ini adalah tahun periode terakhir dari kepengurusan Ipnu Ippnu Wonoyoso masa khidmah 2019/2022".

Kontributor : Izul Arob

Editor : Hafidz M



Share This :

0 Comments