ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

BANSER DAN KOKAM IRINGI PEMAKAMAN TOKOH MUHAMMADIYAH

Selasa, 02 November 2021

 

Buaran - Sejumlah kader Ansor Banser Sapugarut dan Bligo ikut mengawal Almarhum KH. Zakariya Ishom selaku ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah, ke peristirahatan yang terkahir (2/11). 

Almarhum Pak Zak, panggilan akrab Kyai Zakaria, bukan hanya merupakan tokoh Muhammadiyah saja, tapi juga menjadi orang tua bagi masyarakat di Bligo dan sekitarnya. Selain itu, beliau juga pernah nyantri langsung kepada Simbah KH. Arwani Kudus, sebagaimana Kyai-kyai NU. 

Keterlibatan Ansor Banser ini bukan tanpa dasar, sebab sebelum Pak Zak meninggal, beliau sempat berwasiat kepada keluarga, pengurus Muhammadiyah, dan bahkan Kepada Ketua Ansor Sapugarut saat itu, Gus Muhammad Ulil Fahmi ketika menghadiri pelantikan pengurus Pemuda Muhammadiyah di Masjid Baiturrahman,  jalan raya pasar ngebrak Bligo. 



Pak Zak mengatakan, bahwa keinginannya sangat besar untuk di antar Banser ketika sudah meninggal dan menuju pemakaman, sebagaimana keterangan yang di sampaikan Gus Ulil. 

" Saya ingin Banser NU dan KOKAM Muhammadiyah mengiringi jenazah saya ke peristirahatan terakhir ketika saya sudah meninggal nanti ", kenang Gus Ulil menirukan Pak Zak. 

Hal ini senada dengan apa yang di katakan oleh keluarga Pak Zak dalam sambutannya, ketika Sejumlah kader Ansor Banser Sapugarut bertakziyah untuk membacakan Yasin Tahlil di rumah duka. 

Selanjutnya, demi untuk melaksanakan amanat Wasiat Pak Zak, pihak keluarga menghubungi Pengurus Ansor Banser Sapugarut untuk meminta kesediaannya dalam mengawal beliau. 

Permintaan itu langsung di sambut dengan positif oleh Sahabat Waryudi selaku ketua Ansor Sapugarut saat ini, yang juga mendengar langsung amanat pesan beliau waktu itu. 

Ndan Waryud, sapaan akrabnya, langsung memberikan intruksi melalui Kasatkorkel Banser Sapugarut, Sahabat Mustaqim, untuk mengerahkan anggota Ansor dan Banser pada khususnya di ranting Sapugarut. 

Ndan Taqim selaku Kasatkorkel, langsung memimpin jalannya koordinasi dan pelaksanaan pengiringan jenazah bersama Sahabat KOKAM Muhammadiyah. 

Setelah prosesi pemakaman selesai, di lanjut dengan acara sarasehan bersama dan ramah tamah bersama Pemuda Muhammadiyah Cabang Bligo, cabang Pekajangan, KOKAM, Ansor Banser Sapugarut dan Ansor Banser Bligo. 


Kontributor: M. Wamiq Hammadallah

Share This :

0 Comments