ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

PENGHASILAN DUNIAWI, JALAN TERANG MENUJU TUHAN

Senin, 21 Juni 2021

 

Foto: Mukhlisul Ibad

Syarat pertama biar sholatnya khusyuk adalah bekerja dan punya penghasilan.

Dawuh Imam Asy Syatibi

يكون الخروج عن المال سباب للشغل في الصلاة اكثر من شغل بالمال

"Meninggalkan urusan duniawi (menganggur) secara total berpotensi lebih besar jadi penyebab sholat tidak khusyuk ketimbang saat masih punya usaha/kerjaan"

Ini ngomong umumnya orang yang maqom kasab. Kalau nganggur dan gak kerja, padahal dia mampu, dipastikan pas sholat pikirannya kemana-mana karena gak tenang karena kepikiran urusan dunia. Apalagi punya keluarga, terus gak kerja, dipastikan sholatnya kepikiran diomelin istri.

Dan jangan salah, Kanjeng Nabi ya kerja dan punya penghasilan

Dan jangan salah, Kanjeng Nabi ya kerja dan punya penghasilan. Beliau SAW bekerja terutama untuk mendukung kekhusyukan sholat. Maka kalau pingin meniru karakter sholat Kanjeng Nabi SAW, kita harus kerja. Karena sholat itu harus mengikuti cara sholat Kanjeng Nabi secara lahir batin. Maka selain mengikuti rukunnya, persiapan sebelum sholat ya harus diupayakan sedekat mungkin biar batinnya bisa sama. Agar batin pas sholat gak buyar karena kepikiran macem-macem urusan dunia, maka harus kerja. Sehingga mendukung sholat biar bisa niru karakter sholatnya Kanjeng Nabi.

Dawuh Imam Sahal bin Abdullah At Tustary dalam Ar Risalatul Khoiriyah

التوكل حال النبي صلى الله عليه وسلم، وكسب سنته، فمن بقى على حاله فلا يتركن سنته

"Tawakal dalam menghadapi ketetapan Gusti Allah adalah karakter Kanjeng Nabi Muhammad SAW dan kasab (berusaha lewat aktifitas fisik) adalah kebiasaan (sunnah) beliau. Siapa saja yang ingin punya karakter seperti Kanjeng Nabi SAW, maka jangan tinggalkan kesunnahan beliau SAW tersebut"

Selain kerja, urusan dunia lain harus dituntaskan dulu secepatnya, biar sholat khusyuk. Misal mau sholat kok lapar, ya makan dulu. Mau sholat kok kebelet, ya setor dulu ke toilet. Atau urusan duniawi lainnya. Sehingga sholatnya khusyuk.

Kalau semua itu jadi mindset, lama-lama saat kita berurusan dengan hawa nafsu duniawi, niatnya biar sholat kita khusyuk. Di situlah relevansi dawuh Kanjeng Nabi Muhammad SAW.

الدنيا مزرعة الآخرة

"Dunia adalah ladang untuk mencapai kebahagiaan akhirat"

Mugi manfaat.


Penulis : Fahmi Ali N H


Share This :

0 Comments