ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

PERJUANGAN BESAR IMAM ABUL HASAN AL-ASY'ARI (BIOGRAFI IMAM ASY'ARI BAG III)

Sabtu, 09 Januari 2021

 

Menegakan kembali aqidah Ahlusunnah wal Jama'ah ditengah gempuran aliran sesat yang banyak bermunculan waktu itu terutama Mu'tazilah yang tengah mendapat dukungan dari penguasa saat itu adalah perjuangan yang sangat berat dan tidak mudah dan itu yang dilakukan oleh Imam Abul Hasan Al-Asy'ari.

أبو عبد الله محمد بن موسى بن عمار الكلاعي المايرقي الفقيه قال أعظم ما كانت المحنة يعني المعتزلة زمن المأمون والمعتصم فتورع من مجادلتهم أحمد بن حنبل رضي الله عنه فموهوا بذلك على الملوك وقالوا لهم إنهم يعنون أهل السنة يفرون من المناظرة لما يعلمونه من ضعفهم عن نصرة الباطل وإنهم لا حجة بأيدهم وشنعوا بذلك عليهم حتى امتحن في زمانهم أحمد ابن حنبل وغيره فأخذ الناس حينئذ بالقول بخلق القرآن حتى ما كان تقبل شهادة شاهد ولا يستقضي قاض ولا يفتى مفت لا يقول بخلق القرآن وكان في ذلك الوقت من المتكلمين جماعة كعبد العزيز المكي والحارث المحاسبي وعبد الله بن كلاب وجماعة غيرهم وكانوا أولي زهد وتقشف لم يروا احد منهم أن يطأ لأهل البدع بساطا ولا أن يداخلهم فكانوا يردون عليهم ويؤلفون الكتب في إدحاض حججهم إلى أن نشأ بعدهم وعاصر بعضهم بالبصرة أيام اسماعيل القاضي ببغداد أبو الحسن علي بن اسماعيل بن أبي بشر الأشعري رضي الله عنه.

Seorang Ahli Fiqih Abu Abdillah Muhammad bin Musa bin Amar al-Kilai al-Mayraqi berkata: fitnah terbesar dari peristiwa Mihnah Mu'tazilah terjadi di zaman Al-Ma'mun dan Al-Mu'tashim dimana saat itu Imam Ahmad bin Hambal menahan diri tidak dapat mujadalah berdebat dengan mereka karena bersembunyi di belakang para penguasa, mereka katakan kalai Ahlusunnah lari tidak mampu untuk munadhoroh berdiskusi dengan mereka, celaan dan itimidasi itu mereka lakukan karena memang sebenarnya mereka tahu akan kelemahan mereka sendiri yang tidak mampu mendatangkan hujjah dalil dan argumentasi dari faham kebatilan mereka sendiri, mereka telah melakukan perbuatan yang keji terhadap Ahlusunnah hingga dengan kekuasaan mereke buat lembaga penguji atau mihnah terhadap Imam Ahmad bin Hambal dan Ulama lainya juga terhadap masyarat pada saat itu, mihnah tersebut menuntut orang mengatakan Bahwa Al-Quran itu Makhluk, mereka paksakan hal itu dengan konsekuensi hukum bahwa persaksian seseorang tidak dapat diterima, putusan hakim pun tidak sah, seorang Mufti terlarang untuk berfatwa jika tidak menyatakan sefaham dengan aqidah mereka salah satunya menyatakan bahwa al-Qur'an itu makhluk.

Pada waktu itu yang termasuk ulama aqidah Ahlusunnah Wal Jama'ah adalah seperti Abdul Aziz Al-Maki, Harist Al-Mahasyibi dan Abdullah bin Kulab dan banyak lagi yang lainya, para beliau-beliau ini adalah orang-orang yang sangat zuhud dan sangat menjaga diri dari hawa nafsu, tidak satupun dari beliau-beliau yang berkomplot dengan para ahlul bid'ah bukan pula masuk bersamanya, namun beliau-beliau adalah ulama yang menentang mereka ahlul bid'ah yang sedang merajalela dan sangat marak saat itu, beliau-beliau banyak menulis kitab-kitab untuk membatah argumentasi para ahli bid'ah tersebut.

Keadaan tersebut berlanjut sampai muncullah Imam Abul Hasan Al-Asy'ari dari kota Bashroh diwaktu Qodhi Ismail menjadi hakim Baghdad. Beliau Imam Abul Hasan Al-Asy'ari menformulasikan dan menyususun berbagai karya untuk membela Ahlusunnah Wal Jama'ah hingga merontokan hujah-hujah kaum ahlul bid'ah mu'tazilah, melenyapkan kekuasaan dan pengaruh mereka semua. Beliau tidak segan untuk mendatangi mereka ahlul bid'ah melakukan munadhoroh berdiskusi dan berdebat. Beliau pun sempat ditanya akan hal itu "bagaimana engkau dapat berbaur dan medatangi mereka para ahli bid'ah sedang engkau sendiri sungguh-sungguh memerintahkan untuk menjauhi mereka ?. Beliau Imam Abul Hasan Al-Asy'ari menjawab: mereka ini yang berfaham sesat dan melenceng adalah yang sekarang berkuasa ada yang menjadi pemimpin pemerintahan juga qodhi hakim, dan karena jabatan atau kekeuasan tinggi itu mereka tidak mau turun kebawah menemui ku, maka jika mereka tidak mau turun menemui ku dan aku pun tidak berjalan menemui mereka lalu bagaimana kebenaran itu tampak kepada meraka dan mereka tahu akan hujjah penolong Ahlussunah.

(Tabyinu Kadzbi al-Muftari, hal 116-117)

Perjuangan mempertahankan ajaran yang lurus sesuai dengan apa yang dibawa oleh para sahabat dari Nabi Saw tanpa lelah beliau Imam Abul Hasan Asy'ari lakukan hingga :

فلما كثرت تواليفه ونصر مذهب السنة وبسطه تعلق بها اهل السنة من المالكية والشافعية وبعض الحنفية فاهل السنة بالمغرب والمشرق بلسانه يتكلمون وبحجته يحتجون.

Hingga setelah banyaknya karya Imam Abul Hasan Al-Asy'ari dan besarnya peran beliau dalam menolong madzhab Ahlusunnah dan menyebarnya akan hal itu semua yang berakibat para ulama ahlusunah baik madzhab malikiyah, Syafi'iyah dan sebagian madzhab Hanafiyah ta'alluk kepada beliau, Maka kemudian semua ulama Ahlussunah dari ujung timur dan smpai ujung barat pun mereka semuanya berbicara dengan apa yang telah lisan Abul Hasan Asy'ari bicarakan, begitupun dengan hujjah Abul Hasan Asy'ari mereka semua berhujjah.

(Ibnu Asakir, Tabyini Kadzbi al-Muftari, hal.117 )

Dan semua ulama' pun mengakuinya,

اتفق أصحاب الحديث أن أبا الحسن علي بن إسماعيل الأشعري كان اماما من ائمة أصحاب الحديث ومذهبه مذهب أصحاب الحديث تكلم في أصول الديانات على طريقة أهل السنة ورد على المخالفين من أهل الزيغ والبدعة وكان على المعتزلة والروافض والمبتدعين من أهل القبلة والخارجين من الملة سيفا مسلولا ومن طعن فيه او لعنه او سبه فقد بسط لسان السوء في جميع أهل

 

Para ulama ahli hadits telah sepakat bahwa Abu al-Hasan Ali bin Isma’il al-Asy’ari adalah seorang pembesar dari golongan para pembesar ulama ahli hadits. Dan mazhabnya adalah mazhab ulama ahli hadits. Ia membangun argumentasi di dalam bidang ilmu asas dasar dalam beragama yang sesuai dengan manhaj Ahlussunnah. Ia juga menolak atas bantahan orang-orang yang membuat perselisihan dari golongan yang sesat dan pembuat bid’ah. Dan ia menghadapi sekte Mu’tazilah, sekte Rafidhah dan para ahli bid’ah dari golongan ahlu qiblah orang Islam sendiri serta golongan orang-orang yang keluar dari agama Islam bagaikan pedang yang terhunus. Barang siapa yang memakinya, melaknatnya, ataupun mencacinya maka ia telah membuka jalan untuk berkata kotor kepada segenap pengikut Ahlusunnah Wal Jama'ah.

(Ibnu Asakir, Tabyini Kadzbi al-Muftari, hal.113)

Ia juga menolak atas bantahan orang-orang yang membuat perselisihan dari golongan yang sesat dan pembuat bid’ah.

قال الامام الحافظ رضي الله عنه فكانت هذه صفة الشيخ أبي الحسن رضي الله عنه عند ظهور البدع ووقوع الفتن فعلم الناس معاني دينهم وأوضح الحجج لتقوية يقينهم وأمرهم بالمعروف فيما يجب اعتقاده من تنزيه الله تعالى عن مشابهة مخلوقاته وبين لهم ما يجوز إطلاقه عليه عز وجل من اسماء الحسنى وصفاته ونهاهم عن المنكر من تشبيه صفات المحدثين وذواتهم باوصافه او ذاته فكانت طاعته فيما أمر به من التوحيد مقربة المقتدي به إلى مرضاته لانه كان في عصره اعلم الخلق بما يجوز أن يطلق في وصف الحق فأظهر في مصنفاته ما كان عنده من علمه فهدى الله به من وفقه من خلقه لفهمه.

Al-Imam Al-Hafidz Abul Qosim Ali bin Ismail Mengatakan : inilah sikap Imam Abul Hasan Al-Asy'ari ketika banyak muncul faham-faham sesat dan fitnah agama yaitu beliau mengajarkan kembali kepada masyarakat tentang agama, beliau jelaskan hujah-hujah untuk meyaqinkan aqidah mereka, beliau perintahkan mereka membela kebaikan dalam perkara yang wajib dalam aqidah seperti perintah mensucikan Allah Swt dari keserupaanNya terhadap makhluk, beliau juga jelaskan asma' atau nama-nama dan sifat-sifat yang mutlak bagi Allah SWT, beliau juga ajak mereka menolak perkara mungkar seperti tasybihat menyerupakan sifat-sifat dan Asma' atau nama- nama makhluk dengan Sifat-sifat dan DzatNya Allah Swt.

Maka seseorang yang mengikuti manhaj beliau dalam ilmu aqidah tidak lain adalah mendekatkan orang tersebut kejalan yang di ridhoi oleh Allah Swt, karena beliau Imam 8Abul Hasan Al-Asy'ari adalah orang yang paling mengerti dalam ilmu aqidah saat itu hal tersebut sangat jelas terlihat dari apa yang telah beliau hasilkan dalam banyak karyanya yang memperlihatkan kepakaran ilmu beliau, fahadallahu bihi man wafaqohu min kholqihi lifahmihi.

(Ibnu Asakir, Tabyini Kadzbi al-Muftari, hal. 127)

Dan karena jasa dan perjuangan yang sangat besar itulah maka benar apa yang dikatakan oleh Syeik Abul Hasan Al-Qobisi.

 

لقد مات الاشعري رضي الله عنه يوم مات واهل السنة باكون عليه واهل البدع مستريحون منه

 

Sungguh saat hari beliau wafat ahlussnah sangat bersedih disaat yang sama mereka ahlul bid'ah tertawa gembira.

(Ibnu Asakir, Tabyini Kadzbi al-Muftari, hal. 123)

Dan Al-Qodhi Abi al- Ma'ali pun berkata.

ونودي على جنازته بناصر الدين

Kamipun mengiring janazah beliau sambil teriakan inilah sang penolong agama.

(Ibnu Asakir, Tabyini Kadzbi al-Muftari, hal. 147)

Baghdad tahun 324 Hijriyah Imam Abul Hasan Asy'ari mengahadap Allah Swt, dan perjuangan beliau sekarang adalah menjadi tanggung jawab kita semua Ahlusunnah wal Jama'ah.

Dan ingatlah satu pesan wasiat mulia dari beliau sebelum wafat.

سمعت ابا علي زاهر بن احمد السرخسي يقول لما قرب حضور أجل أبي الحسن الأشعري رحمه الله في داري ببغداد دعاني فأتيته فقال أشهد أني لا أكفر أحدا من أهل القبلة لأن الكل يشيرون إلى معبود واحد وإنما هذا كله اختلاف العبارات.

Riwayat dari Zahir bin Ahmad al-Sarkhosi berkata, Bahwa ketika telah dekat ajal Abul Hasan al-Asy’ari di rumahku di kota Baghdad, beliau memanggilku maka aku pun mendatanginya. Dan Abu al-Hasan al-Asy’ari berwasiat, "Bersaksilah atasku bahwa aku tidak pernah mengkafirkan satu pun orang dari golongan ahlul qiblah (umat Islam), karena mereka sumua menghadap kepada Dzat yang disembah yang satu. Dan sesungguhnya perbedaan yang ada adalah perbedaan dalam penjelasannya saja.

(Ibnu Asakir, Tabyini Kadzbi al-Muftari, hal. 188)

 

Kontributor : Iqbal


Share This :

0 Comments