ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

WUDHU ORANG YANG MEMAKAI PLASTER LUKA ATAU PERBAN

Senin, 21 Desember 2020


 

Suatu hari pak Khoirul Umam jari manisnya terluka karena tergores pisau saat menggantikan memasak istri yang dicintainya, setelah diperiksakan ke dokter pribadinya ternyata ada infeksi dilukanya tersebut dan harus di dibalut, dan tidak boleh dilepas selams tiga hari

Pertanyaan :

Kemudian bagaimana cara bersuci pak Khoirul Umam selama tiga hari itu ?

Jawaban : 

Dalam fiqih Syafi'iyah kita mengenal istilah Shohibul Jabair ayu Jabiroh artinya orang yang memakai perban ataupun balutan yang itu menghalangi air pada anggota tubuh. Maka cara bersuci Shohibul jabair ini dalam Madzhab Syafi'i memiliki klasifikasi sebagai berikut.

a. Untuk Bersuci dari Hadast Kecil

1. Jika jabiroh tersebut berada di anggota tayamaum yaitu wajah dan kedua tangan dan jabirohnya berlebihan tidak wajar contoh yang disarankan dokter cukup diperban di jari manisnya saja namun ia perban sampai sikut, maka orang tersebut wudhu, mengusap jabiroh dengan air dan tayamum, dan sholatnya sah namun harus diulangi kembali bila telah sembuh.

2. Jika jabiroh tersebut berada di anggota tayamaum yaitu wajah dan kedua tangan dan jabirohnya masih wajar tidak berlebihan maka orang tersebut wudhu dan tayamum tanpa mengusap jabiroh dengan air, dan sholatnya sah namun harus diulangi kembali bila telah sembuh.

4. Jika jabiroh tersebut berada di anggota wudhu namun bukan anggota tayamum contoh di kaki dan jabirohnya berlebihan maka orang tersebut wudhu, mengusap jabiroh dengan air dan tayamum. sholatnya sah namun harus diulangi kembali bila telah sembuh.

4. Jika jabiroh tersebut berada di anggota wudhu namun bukan anggota tayamum contoh di kaki dan jabirohnya tidak berlebihan maka orang tersebut wudhu dan tayamum. sholatnya sah dan perlu diulangi kembali bila telah sembuh jika pemasangan jabirohnya ia dalam keadaan hadats, bila dalam keadaan suci maka tidak perlu diulangi.

5. Jika jabiroh tersebut berada di anggota wudhu namun bukan anggota tayamum contoh di kaki dan jabirohnya pas hanya diluka saja tidak lebih sedikitpun maka maka orang tersebut wudhu dan tayamum, dan sholatnya sah tanpa perlu diulangi

6. Jika jabiroh tidak berada di anggota wudhu ataupun anggota tayamum contoh di punggung, maka orang tersebut ya wudhu seperti biasa.

Tata caranya adalah sebagi berikut, contoh jabirohnya ada di tangan maka berwudhu lah dan setelah membasuh wajah kemudian membasuh kedua tangan berhubung di tangan ada jabirohnya maka basuhlah sisa dari tangan yang tidak ada jabirohnya kemudian lakukanlah tayamum sebelum berlanjut ke anggota wudhu setelahnya, dan jika di kaki juga ada perban lagi, maka lakukan lah tayamum lagi, adapun mengusap air pada jabiroh dilakukan sebelum melakukan tayamum.

 b. Untuk Bersuci dari Hadats Besar

Adapun untuk mandi wajib maka boleh melakukan tayamum dahulu kemudian mandi mengalirkan air keselain tubuh yang ada jabirohnya atupun sebaliknya.

Refrensi.

 

[حاشية الشيخ ابراهيم البيجوري، ج.1 ص.187- 189]

,

(وصاحب الجَبائر) - جمع جبيرة بفتح الجيم، وهي أخشاب أو قصب تسوى وتشد على موضع الكسر ليلتحم - (يمسح عليها) بالماء إن لم يمكنه نزعها لخوف ضرر مما سبق، (ويتيمم) صاحب الجبائر في وجهه ويديه كما سبق (ويصلي ولا إعادة عليه إن كان وضعها) أي الجبائر (على طهر) وكانت في غير أعضاء التيمم، وإلا أعاد. وهذا ما قاله النووي في الروضة، لكنه قال في المجموع: إن إطلاق الجمهور يقتضي عدم الفرق، أي بين أعضاء التيمم وغيرها ويشترط في الجبيرة أن لا تأخذ من الصحيح إلا ما لا بد منه للاستمساك واللَصُوق والعِصَابَة والمَرْهَم ونحوها على الجرح كالجبيرة.

 

قوله (وصاحب الجَبائر) » إلى أن قال » وحاصل مسألة الجبيرة أنها إن كانت في أعضاء التيمم وجبت الإعادة مطلقا لنقص البدل والمبدل جميعا وإن كانت في غير أعضاء التيمم فإن أخذت من الصحيح زيادة على قدر الاستمساك وجبت الإعادة سواء وضعها على حدث أو على طهر وكذا إن أخذت من الصحيح بقدر الاستمساك ووضعها على حدث فتجب الإعادة أيضا فإن لم تأخذ من الصحيح شيأ لم تجب الإعادة أيضا سواء وضعها على حدث أو على طهر وكذا إن أخذت من الصحيح بقدر الاستمساك ووضعها على طهر فلا تجب الإعادة أيضا فصورها خمس ثلاثة فيها الإعادة وامتناع لا إعادة فيهما.

 

قوله (يمسح عليها) اي على جميعها وجوبابالماء ونذبا بالتراب ان كانت بمحل التيمم ولو اختلط ماء المسح بدون الجرح عفى عنه، ومحل المسح عليها أن أخذت من الصحيح شيئا والا فلا مسح لأن مسحها واقع بدلا عما أخذته من الصحيح.

 

 

[حاشية إعانة الطالبين، ج 1، ص 58]

 

قوله (أو عضوين) معطوف على قوله في عضو أي أو امتنع استعماله في عضوين وقوله فتيممان أي يجبان عليه ومثل ذلك ما إذا امتنع استعماله في ثلاثة أعضاء فإنه يجب عليه ثلاثة تيممات هكذا والحاصل أن التيمم يتعدد بعدد الأعضاء إن وجب فيها الترتيب ولم تعمها الجراحة فإن امتنع استعمال الماء في عضوين وجب تيممان أو ثلاثة فثلاث أو في أربعة وعمت الجراحة الرأس فأربع فإن بقي من الرأس جزء سليم وجب مسحه مع ثلاثة تيممات فإن وجدت الجراحة في الأعضاء التي لا ترتيب فيها كاليدين والرجلين لم يجب تعدده بل يندب فقط وإن عمت الجراحة جميع الأعضاء أجزأ عنها تيمم واحد واعلم أن هذا في المحدث وأما نحو الجنب فيكفيه تيمم واحد ولو وجدت الجراحة في جميع الأعضاء.


(Rangkuman tanya jawab Rijalul Ansor PAC Buaran)

Kontributor : Iqbal 

Share This :

0 Comments