ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

PARA GURU AGUNG SANG AHLI ILMU KALAM (BIOGRAFI IMAM ASY'ARI BAGIAN II)

Senin, 21 Desember 2020

 


Kelebihan dari Ahlusunnah wal Jama'ah adalah matarantai atau sanad keilmuan yang jelas hingga dari guru ke guru sampai kepada para sahabat dan Nabi Saw. Diantara guru-guru Imam Abul Hasan Al-Asy'ari adalah Imam Zakariya bin Yahya As-Saji seorang imam ahli hadist dan fiqih madzhab Syafi'i, hal ini sesuai dengan wasiat yang telah diberikan ayah beliau.

وذكر الامام أبو بكر بن فورك أن أباه هو أبو بشر اسماعيل بن إسحق وأنه كان سنيا جمعيا حدثيا أوصى عند وفاته إلى زكريا بن يحي الشاجي رحمه الله وهو إمام في الفقه والحديث -- وكان يذهب مذهب الشافعي،

Imam Abu Bakar bin Fauroq berkata bahwa ayah Imam Abul Hasan Al-Asy'ari yang seorang Ahlussunah Wal Jama'ah menjelang wafat telah mewasiatkanya untuk menimba ilmu kepada Imam Zakariya as-Saji seorang ahli Fiqih dan Hadist yang bermazhab syafi'i.

(Ibnu Asaakir, Tabyinu Kadzbi al-Muftari, Hal.35)

كان من الثقات الائمة، اخذ عن المزني والربيع.

Imam Zakariya as-Saji adalah seorang imam yang tsiqoh sangat terpercaya, beliau banyak mengamil sanad ilmu dari Al-Muzani dan Al-Robi'.

(Tajuddin as-Subuki, Thobaqot Asy-Syafi'iyah Al-Kubro, hal. 299)

Dan kita tahu bahwa Al-Muzani dan Al-Robi' adalah murid langsung dari Imam Asy-Syafi'i dan Imam Asy-Syafi'i adalah murid langsung dari Imam Malik dan Imam Malik salah satunya gurunya adalah Nafi’ Maula Abdillah bin Umar dan beliau salah satunya berguru Abdullah bin Abdullah bin Mas'ud yang mendapatkan ilmu dari para sahabat seperti Umar bin Khattab, Utsman bin Affan, Abdullah bin Umar, Abdullah bin Abbas dan Zaid bin Tsabit yang kesemua dari Rasulullah Sholallahu Alaihi wa Sallam.

روى عنه "زكريا بن يحي الساجي" أبو الحسن الأشعري وقال شيخنا الذهبي، وأخذ عنه مذهب أهل الحديث

Dan mam Abu Hasan al-Asy’ari telah mengambil ilmu dari Imam Zakariya bin Yahya As-Saji, dan dirinya pula Imam Abul Hasan al-Asy'ari mengambil madzhab ahli hadis sebagimana Imam Adz-Dzahabi juga utarakan.

(Tajuddin as-Subuki, Thobaqot Asy'Syafi'iyah al-Kubro, hal. 299)

Maksud bahwa Imam Abul Hasan al-Asy'ari mengambil madzhab ahli hadis artinya bahwa dasar-dasar aqidah yang dihimpun oleh imam Abul Hasan Al-Asy'ari dan sampai kepada kita saat ini adalah aqidah yang sama dan ikuti para ahli hadist dan para ulama salaf terdahulu dari tabi'in dan sahabat sampai Rasulullah Saw. Hal ini, sebagaimana yang telah diutarakan oleh Imam Tajuddin as-Subuki.

 

اعلم أن أبا الحسن لم يبدع رأيا، ولم ينش مذهبا وإنما هو مقرر لمذهب السلف، مناضل عما كانت عليه أصحاب رسول الله صلى الله عليه وسلم.

Ketahuilah, bahwa Imam Abu al-Hasan tidaklah membuat bid’ah pemikiran atau suatu hal yang baru akan aqidah, bukan pula mendirikan mazhab baru, akan tetapi beliau meneguhkan kembali mazhab ulama-ulama sebelumnya dan berjuang membela apa yang telah dibawa oleh para sahabat Nabi Saw.

(Tajuddin as-Subuki, Thabaqat Syafi’iyyah al-Kubra, hal. 365).

Disamping berguru kepada Imam Zakariya bin Yahya As-Saji beliau Imam Abul Hasan al-Asy'ari juga berguru ulama' ahli hadist lainya seperti Imam Abu Kholifah Al-Jumahi, Sahal bin Nuh Al-Bashri, Muhammad bin Ya’qub al-Maqburi, Abdurrohman bin Khilaf Ad-Dhabbi dan lain sebagainya masih banyak lagi.

وروى أيضا عن أبي خليفة الجمحي، وسهل بن نوح، ومحمد بن يعقوب المقبوري، وعبد الرحمن خلف الصبي البصريين، وأكثر عنهم في تفسيره.

Disamping itu Imam Abul Hasan Al-Asy'ari juga meriwayatkan hadist dari Imam Abu Kholifah Al-Jumahi, Sahal bin Nuh Al-Bashri, Muhammad bin Ya’qub al-Maqburi, Abdurrohman bin Khilaf Ad-Dhabbi, hal tersebut banyak terdapat dikitab tafsir beliau.

(Tajuddin as-Subuki, Tobaqot Asyafi'iyah Al-Kubro, Hal. )

Selain itu Imam Abul Hasan Asy'ari dalam bidang fiqih juga belajar kepada Imam Abu Ishaq Al-Marwazi seorang ahli fiqih Madzhab Syafi'i.

كان يأخذ مذهب الشافعي عن ابي اسحق المروزي، ابي اسحق المروزي يأخذ عنه من علم الكلام، ولذالك كان يجلس في حلقته.

Bahwa Imam Abul Hasan Asy'ari mengambil madzhab asy-syafi'i salah satunya dari Abi Ishaq Al-Marwazi, dan sabaliknya Abi Ishaq Al-Marwazi juga mengambil ilmu kalam Imam Abul Hasan Al-Asy'ari, hal ini dapat dilihat dimana beliau hadir dalam majlis halaqohnya Abi IshaqAl-Marwazi.

(Thobaqot Asyafi'iyah Al-Kubro, hal. 367)

وكان "الإمام الأشعري رحمه الله" يجلس ايام الجمعات في حلقة ابي إسحاق المروزي الفقيه في جامع المنصور

Imam Abul Hasan Al-Asy'ari dibeberapa Jum'at selalu berada di majlis halaqoh ilmu seorang ahli fiqih bernama Imam Abi Ishaq Al-Marwazi yang berada di masjid jami' al-Mansur.

(Ibnu Asaakir, Tabyinu Kadzbi al-Muftari, Hal.35)

Dan semua ilmu yang beliau miliki tidak lain beliau curahkan untuk membela Ahlusunnah Wal Jama'ah termasuk didalamnya adalah ilmu Kalam.

واعلموا أن أبا الحسن الأشعري لم يأتي من علم الكلام الا ما أراد به إيضاح السنن والتثبت عليها.

Ketahuilah bahwa Imam Abul Hasan Al-Asy'ari tidaklah menggunakan ilmu Kalam kecuali untuk menujukan dengan jelas dan nyata akan kebenaran sunnah-sunnah Nabi Saw dan meneguhkannya.

(Ibnu Asaakir, Tabyinu Kadzbi al-Muftari, Hal.122)

Adapun ilmu aqidah yang diperoleh dari Abu Ali Al-Juba'i seorang pembesar faham mu'tazilah didepan umum disaksikan banyak orang dimasjid jami' Basrhoh Imam Abul Hasan Asy'ari diatas mimbar beliau katakan, aku lepas aqidah tersebut sebagai mana aku lepas bajuku ini.

كان لهم إماما ثم غاب عن الناس في بيته خمسة عشر يوما فبعد ذلك خرج إلى الجامع وصعد المنبر وقال، معاشر الناس إني تغيبت عنكم في هذه المدة لأني نظرت فتكافأت عندي الأدلة ولم يتراجح عندي حق على باطل ولا باطل على حق فاستهديت الله تبارك وتعالى فهداني إلى اعتقاد ما أودعته في كتبي هذه وانخلعت من جميع ما كنت أعتقده كما انخلعت من ثوبي هذا وانخلع من ثوب كان عليه ورمى به ودفع الكتب الى الناس فمنها كتاب اللمع وكتاب أظهر فيه عوار المعتزلة.

Imam Abul Hasan Al-Asy'ari pada saat itu menjadi pemimpin dikalangan mu'tazilah tiba-tiba tidak keluar rumah bertemu masyarakat selama lima belas hari sampai beliau keluar menuju masjid jami' dan menaiki mimbar lalu berkata dalam khutbahnya : Wahai segenap masyarakat, aku tidak muncul dihadapan kalian semua dalam beberapa waktu ini karena aku sedang meneliti beberapa permasalahan, saat itu samar tidak berbeda bagiku dalil-dalil yang ada, dibenaku saat itu tidak tampak kejelasan mana yang haq dan yang bathil maupun sebaliknya. Maka aku meminta petunjuk kepada Allah Swt, kemudian Allah pun memberikanku petunjuk kepada keyakinan yang haq dan itu aku tuliskan didalam kitab-kitab yang telah aku tulis ini. Maka dari itu aku melepaskan seluruh aqidah mu'tazilahku yang menyimpang selama ini, sebagaimana aku lepaskan pakaianku ini (maka Abu al-Hasan al-Asy’ari pun melepaskan pakaian yang ia pakai sebagai isyarat) dan beliau berikan setelanya kitab-kitab yang memuat kecacatan dan kesalahan aqidah mu'tazilah dan yang lainya supaya mesyarakat kembali pada aqidah Ahlussunah.

(Ibnu as-Sakir, Tabyin Kidzb al-Muftari, hal. 39).

Dan dimulailah perjuangan beliau yang sangat dahsyat melawan kelompok-kelompok faham aqidah yang rancau dan melenceng dari aqidah Ahlussunah Wal Jama'ah. Semua itu tercatat dengan baik oleh banyak ulama dan sejarawan yang sangat terpercaya hingga sampai kepada kita melalui sanad keilmuan yang benar dari guru-guru kita di tanah Nusantara ini.

 

Kontributor : Iqbal


Share This :

0 Comments