ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

KENALI SHOLAT LIHURMATIL WAKTI, KAPAN DAN BAGAIMANA ?

Rabu, 07 Oktober 2020

    Kewajiaban sebagai seoarang muslim adalah melaksanakan sholat lima waktu dalam sehari semalam. Namun pernahkah kita mengalami kesulitan saat akan melakukan kewajiban sholat tersebut. Saat mendaki di tengah hutan misalnya, dengan pakaian yang telah kotor terkena najis dan tidak ada pakaian lain yang suci, ditambah wudhu pun tidak mampu karena air tidak terjangkau, tayamum tidak bisa karena tanahnya basah dan lembab. Atau sewaktu dalam perjalanan kereta api yang lama sampai memakan waktu dua sholatan atau lebih, untuk sekedar berhenti sholat di stasiun khawatir tertinggal sedang didalam kereta api tidak memungkinkan untuk menghadap ke kiblat ataupun berdiri rukuk dan sujud dengan sempurna.

    Dalam keadaan seperti itu sering fikiran kita bimbang antara kita sholat namun tidak menuhi syarat sah sholat, disisi lain jika sholat kita tinggalkan hal itu tidak dibenarkan. Maka sholat lihurmatil wakti adalah jawabanya, nampun apa sebenarnya sholat lihurmatil wakti tersebut dan bagaimana tatacaranya berikut penjelasanya.

Definisi Makna

Kalimat "sholat lihurmatil wakti" terdiri dari empat suku kata yaitu

1. Sholat "الصلاة " yang secara bahasa bermakna  do'a "الدعاء" dari asal kata "صلّى - يصلّي adapun secara istilah syar'iyah adalah serangkaian ucapan dan gerakan tertentu yang diawali dengan takbir dan dan diakhiri dengan salam beserta syarat-syarat tertentu.

"أقوال وأفعال مفتتحة بالتكبير ومختتمة بالتسليم بشروط مخصوصة"

2. Lam "ل" berstatuskan huruf jer yang bermakna ta'lil "التعليل" yakni menjelaskan sebab dan tujuan untuk sesuatu yang disebutkan sebelumnya.

3.  Hurmah "حرمة" dari asal kata حرُم و يحرُم dapat bermakna sesuatu yang terlarang الإمتناع, tidak boleh dicederai "ما لايحل انتهاكه dan juga dapat diartikan sebagai sebuah kemulyaan dan penghormatan atas sesuatu   الإحترام أو المهابة.

 

4. Waktu "الوقت" berasal dari kata kerja وقَت - يقِت yang bermakna kententuan atau pembatasan التحديد, secara istilah yakni kadar tertentu dari masa atau zaman "المقدار من الدهر أو الزمان"

Maka dapat diartikan sholat lihirmatil wakti adalah sholat yang dikerjakan karena mengormati atau supaya tidak mencederai waktu sholat.

Adapun secara istilah sholat lihirmatil wakti adalah sholat fardhu yang dilaksanakan sewaktu seseorang tidak bisa memenuhi syarat sah sholat atau rukunya. diantarnya adalah

1. Badan suci dari najis dan hadats.

2. Menutup aurat dengan pakaian suci.

3. Melaksanakan di tempat suci.

4. Mengetahui masuknya waktu.

5. Menghadap kiblat.

Begitu pula jika keadaan tidak mengizinkan untuk berdiri rukuk dan sujud dengan sempurna.

contoh niat sholat lihurmatil wakti

أصلي فرض العصر لحرمة الوقت لله تعالى

Adapun seseorang yang melaksanakan sholat lihurmatil wakti harus baginya  mengulangi kembali sholatnya ketika telah bisa memenuhi syarat sah atau rukunnya sholat dengan sempurna.

Dan seandainya orang tersebut meninggal sebelum mampu mengulangi sholatnya maka tidak ada tanggungan baginya.

 

 

Kontributor : Iqbal

 

Refrensi:

Kamus Al-Mu'jam Al-Wasith

Hasyiah Al-Bajury ala fathil qorib

Hasyiyah I'anatut Tholibin ala Fathul M'in

Raudhotut Tholibin li Syekh An-Nawawi

Al-Majmu' Syarah Al-Muhadzab

Share This :

0 Comments