ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

BERKATA GURU SAYA ADALAH RASULULLAH : SU'UL ADAB

Senin, 07 September 2020

Banyak orang-orang yang dipercaya berguru langsung kepada Rasulullah, seperti Abah Luthfi bin Yahya, Habib Umar bin Hafidzh, hingga Syaikh Abdul Qadir Al Jailani. Akan tetapi, mereka adalah orang-orang yang telah belajar guru syariat dengan sanad keilmuan yang jelas. Bahkan, sanad thariqah mereka pun jelas. Mereka telah terbukti istiqamah dalam ibadah, pula dakwah.

Kata "Guru saya adalah Rasulullah." jika diucapkan oleh beliau-belaiu, saya kira banyak yang percaya dan mengikutinya. Ditambah, telah beredar masyhur karamah-karamh mereka karena rasa cinta mereka terhadap Nabi Muhammad. Akan tetapi, jika yang mengatakan adalah seorang 'ngustad' yang belajar dari Youtube, tidak pernah belajar syariat dari guru yang bersanad, hanya membanding-bandingkan rekaman ceramah, belajar otodidak, lalu dengan entengnya bilang, "Guru saya mah Rasulullah.", apakah Panjenengan percaya?

Orang yang belajar langsung kepada Rasulullah adalah para sahabat, Radhiyallaahu 'anhum. Oleh karena itu, meskipun antum dapat bersua dengan Rasulullah dalam keadaan tidur, ataupun terjaga, jagalah lidah antum. Jangan sesumbar dengan mengatakan "Guru saya adalah Rasulullah." Tawadhu lah dengan para sahabat. Derajat kita berada jauh di bawah sahabat. Akui itu. Akui saja. Tidak perlu sok merasa menjadi sahabat Rosul. Akui saja bahwa kita hanyalah hamba dhaif yang membonceng rombongan terbesar dari ummat seluruh Nabi.
Tidak perlu sok merasa menjadi sahabat Rosul. Akui saja bahwa kita hanyalah hamba dhaif yang membonceng rombongan terbesar dari ummat seluruh Nabi.
Karena justru dengan itu, dikau akan selamat. Karena justru dengan itu, Rasul akan sudi memandangmu, memelukmu, dan mengucapkan "Selamat datang" padamu. Allaahumma shalli warham 'alaa Sayyidinaa Muhammad. Ya Allah, limpahkanlah shalawat dan curahan Rahmat-Mu untuk jujungan kami, Nabi Muhammad.

Aamiin

Penulis : Muhammad Ibnu Salamah
Share This :

0 Comments