ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

PENDIRI PONPES NURUL HUDA SIMBANG KULON (BIOGRAFI KH. KHUDLORI TABRI)

Senin, 10 Agustus 2020


KH. Khudlori bin Tabri merupakan anak dari seorang penjual daging keliling yaitu Bapak Tabri dan Ibu Wasiah. Beliau anak pertama dari 2 bersaudara, adiknya bernama Ruqoyyah. Beliau menikah dengan Ibu Hj. Nadhoriyah Alwi, dari pernikahan ini melahirkan beberapa anak, antara lain: KH. Muslih, KH. Mahrus, Ust. Hafidz, Maftuhin, dan Khoiriyah (Almh).Sepeninggal Ibu Hj. Nadhoriyah Alwi beliau menikah kembali dengan Ibu Hj. Farkhati Fadlun dan dikaruniai 7 orang anak, yaitu: KH. M. Nurul Haq, Fainusah, A. Lukman Hakim, Lailatul Zulfa, Nur I’anah, A. Fadlun dan Nur Rohmah (Alm).

Riwayat Pendidikan

Dulu beliau mengenyam Pendidikan SR yang sekarang bernama SD Gibrik Kradenan dan Pendidikan Madrasah Diniyah di Banyurip, sembari berjualan krupuk yang beliau bawa. Dari hasil jualan itu beliau tabung untuk biaya mondok di Kaliwungu. Hingga di sana beliau menjadi santri kesayangan kyainya, Mbah Ru’yat. KH. Khudlori merupakan orang yang “rekoso” dalam menuntut ilmu. Setelah pulang dari pondok beliau tidak langsung mengajar, melainkan bekerja terlebih dahulu hingga beliau sukses. Dari hasilnya itu, beliau gunakan untuk membiayai sekolah anak-anak yang kurang mampu.


Dalam mendidik anak, beliau merupakan sosok yang begitu tegas. Namun, karakter itu akan berubah menjadi lemah lembut, ramah, dan santai bila beliau mengajar kepada santri-santrinya. Prinsip beliau dalam mengajar adalah yang penting hafal dahulu, masalah paham itu nanti. Beliau mulai menulis karangan kitab sejak mondok sampai mempunyai anak kurang lebih pada tahun 1970-an. Di antara karya-karyanya adalah kitab Tahajji, Amtsilatuttashrif, Qowa’idul I’lal. Mawaris (Faroidl), dan do’a-do’a. Metode penulisan kitab beliau ditulis setelah diajarkan dan berhasil dihafal oleh santri pertama beliau yakni anak pertamanya.

Mengarang Kitab Amtsilatuttashrif

Proses dalam pembuatan kitab shorof ini ditulis di atas kertas –salah satunya kertas undangan- lalu disatukan dan ditulis ulang dalam buku (ditulis di buku leces yang dulu harganya 1 perak), kemudian dibawa ke percetakan. Namun, beliau tidak tahu buku itu dicetak berapa dan harganya berapa, sebab beliau membagikan kitab tersebut secara cuma-cuma. Alasan beliau mengarang kitab shorof ini, agar para santrinya dapat mengenal kalimat-kalimat tashrif dan bisa menghafalkan tashrif secara mudah serta mampu menerapkannya dalam redaksi kalimat.

Pendiri Pondok Pesantren Nurul Huda

KH. Khudlori mendirikan Pondok Pesantren Nurul Huda pada tahun 1985 yang awalnya adalah majlis ta’lim yang sekarang diemban oleh KH. Mahrus, putra kedua beliau setelah pulang dari pondok.Selain itu, beliau juga ikut andil dalam pendirian Pondok Takhassus pada tahun 1992 bersama KH. Bakri Hamzah, KH. Muhammad Ilyas, KH. Nasri Daimun, dan Kiai-kiai lainnya. Terakhir, beliau membangun Pondok Nurul Huda Banat pada tahun 1999. Pembangunan ini juga berkat dukungan masyarakat, beliau juga mewaqafkan sebidang tanah untuk pendirian pondok.

Sosok Yang Sederhana

Hal menarik dari sosok beliau adalah kezuhudan, kesederhanaan, kedermawanan, dan cinta kasih beliau kepada anak didik. Gaya hidup beliau sangat sederhana, kemana-mana beliau selalu memakai sarung dan sandal lulang atau bakiak. Beliau sebenarnya mampu membeli mobil dan motor namun kendaraan yang selalu menemani langkah beliau baik urusan dagang dan mengajar hanya sepeda onthel. Bahkan beliaulah yang membiayai sekolah bagi anak-anak yang kurang mampu dan memberikan kitab secara cuma-cuma tanpa perhitungan. Anehnya lagi, beliau sempat mendatangi tiap pedagang di depan sekolah untuk menanyakan apakah santrinya ada yang menghutang atau tidak, jika ada maka beliau langsung melunasinya.

Pesan Beliau Untuk Para Santri


Pesan-pesan terakhir beliau untuk para santrinya adalah من جد وجد , artinya “barang siapa yang bersungguh-sungguh pasti bisa”, ini adalah semboyan yang selalu beliau taukidi dengan kalimat قام العلم بالدرس , artinya “ilmu bisa tegak dan didapatkan dengan belajar”. Sedangkan pesan beliau kepada masyarakat, “Bekerjalah yang giat”.

Ilmu bisa tegak dan didapatkan dengan belajar

KH. Khudlori Tabri wafat

KH. Khudlori Tabri wafat ba’da sholat shubuh pada Hari Rabu 8 Dzulhijjah 1420 H bertepatan dengan 15 Maret 2000 M dan dimakamkan di Pemakaman umum Mbah Jian, Simbangkulon.


Sumber: Buletin ATSAR MAS Simbang Kulon

Share This :

3 Comments