ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

MEDIA, ILMU DAN ISLAM : BERGESERNYA BUDAYA BERTANYA PADA AHLINYA (BAG I)

Rabu, 05 Agustus 2020

Saat ini, rutinitas kegiatan manusia dalam beragama dan bersosial budaya tidak dapat jauh dari mekanisme teknologi, meski demikian tidak dapat ditegaskan bahwa hal tersebut merata dialami setiap manusia. Teknologi yang bekembang memberi dampak cukup besar dalam membentuk cara pandang individu terhadap suatu perkara. Hampir segala hal dan permasalahan; dewasa kini dapat diakses melalui media sosial dengan segala isi informasinya yang cukup mudah untuk didapatkan. Informasinya pun dihimpun secara sistematis dalam mekanika kerja teknologi seakan terstruktur juga rapi dipandang; menarik dan mudah untuk diakses.

Kehadiran media sosial memberikan sumbangsih besar pada peradaban manusia. Dilain hal, media juga menjadi bukti atas kerja keras para pemikir yang memiliki harapan atau tujuan hasil kerjanya dapat membantu juga mempermudah kerja manusia. Betapa bijaksana para pemikir yang merelakan waktu istirahatnya dan refreshingnya, bermesraan dengan diri dan keluarganya hanya untuk menemukan suatu peradaban yang dapat membantu manusia dalam menjalankan kehidupan. Alhasil, terciptalah beberapa teknologi canggih masa kini yang dapat membantu kehidupan manusia, terkhusus dalam hal komunikasi dan informasi.

Kehadiran media sosial memberikan sumbangsih besar pada peradaban manusia.

Berbagai hal-hal positif dikemas begitu apik dan sederhana memberi kesan mengajak para pembaca untuk menemukan apa yang dicarinya di media sosial, dari perihal dunia hingga rumah tangga selebritis ternama. Bahkan, luar biasanya juga membungkus ihwal alam jin atau istilah populernya dunia kegaiban. Pengetahuan serasa sangat terbantu oleh esensi yang dibawa teknologi dalam bentuk media informasi dan komunikasi. Ditambah berbagai hal demikian dapat diakses dengan mudah tanpa perlu mengeluarkan dana banyak untuk mendapatkan informasi yang jauh bahkan terbilang privat.

Selain itu, belakangan ini media hadir dalam kehidupan manusia tidak hanya mengupas terkait kehidupan yang memanusiakan manusia semata, melainkan juga menjadi sarana bagi para agamawan untuk mendakwahkan apa yang diyakininya dengan berbagai visi keberagamaan. Belajar tidak lagi harus menggayuh sepeda, menjalankan motor atau mobil, cukup dari rumah dengan bermodalkan kuota dan alat yang mumpuni; baik handphone maupun laptop dan sebagainya. Alhasil, pengaruhnya besar terhadap proses keberagamaan dan kebudayaan individu. Salah satunya ialah melemahnya budaya silaturahmi antar pencari ilmu dan pengajar.

Hal ini disebabkan karena segala informasi terkait agama mudah diakses. Pembelajaran agama sekarang tidak serumit dahulu yakni pentingnya mengumpulkan niat belajar agama supaya tidak sia-sia, kemudian bertemu ustaz dan membuka kitab lalu mengabsahinya atau mendengarkannya dalam ruangan yang sama. Ada juga yang tanya jawab tentang topik pembahasan juga terdapat konstruksi sakralitas yang dibangun santri dalam ruangan; seakan-akan waktu berputar begitu lambat hingga tidak terasa terdapat santri yang tertidur karena menikmati huruf dan pemaknaan. Lazimnya, penggalian wawasan agama dahulu dilakukan di rumah sang ustaz. Para santri datang dengan merangkul kitab dan pen atau sebatas membawa kuping dan niat. Kini hal demikian lama-kelamaan bergeser ke ruang instan.

Kondisi dahulu memperlihatkan bagaimana gambaran mayoritas para santri memilih mengaji dan bertemu langsung dengan ustaz kemudian salam salim kepada ustaz; tidak lupa cium tangan. Bahkan ada beberapa kenangan manis dalam dunia majelisan bagi para santri yang tidak dapat dialami oleh selainnya; memperebutkan air sisa minuman sang ustaz, rokok sisa hisapan ustaz, dan lain sebagainya.

Dari hal tersebut dapat ditarik persepsi bahwa mayoritas santri dahulu cenderung mengutamakan adab dari pada tujuan pencarian ilmu. Meski demikian, tidak bisa diartikan mereka tidak mencari ilmu, melainkan mengutamakan adab adalah satu cara untuk memperoleh ilmu yang kelak dapat bermanfaat. Memprioritaskan adab guna memperoleh adab. Maksudnya ialah mengutamakan adab terlebih dahulu dalam mencari ilmu dengan tujuan memperoleh adab yang bermanfaat. Lebih populernya hal demikian bisa disebut cerdas literasi dan cerdas berargumen juga cerdas bersosial budaya dalam kemanfaatan yang baik.

 Bahwa mayoritas santri dahulu cenderung mengutamakan adab dari pada tujuan pencarian ilmu

Dewasa kini, polemik adab dan ilmu menjadi objek pembahasan para akademisi. Membandingkan antara adab dan ilmu seakan menjadi objek menarik dalam kajian keagamaan. Seolah ada yang lebih baik diantara keduanya. Sedangkan, satu dari keduanya sama-sama membutuhkan. Tujuan beradab ialah supaya mendapatkan manfaat. Mendapatkan manfaat disini ialah ilmu yang dibalut sebagai suatu tujuan kesadaran seorang manusia yang lemah. Pun tujuan mencari ilmu ialah untuk beradab. Sehingga membentuk persepsi yang memisahkan alur kendali antara ilmu dan adab merupakan ke-muspra-an yang perlu dibumi hanguskan dari pola pikir.


BERGESERNYA BUDAYA BERTANYA PADA AHLINYA

Berbagai dampak positif yang dibawa teknologi dewasa kini secara tidak langsung mempengaruhi cara pandang sebagian kalangan. Pergeseran budaya bertanya pada ahlinya seolah telah dinormalisasikan oleh kemudahan setiap individu dalam menggali informasi. Diantaranya ialah eksistensi mbah google sebagai sarana pembelajaran mudah dan murah dengan hanya bermodalkan sinyal kuat juga handphone yang memiliki fitur mumpuni. Pembelajaran tidak lagi ‘seribet, ‘semahal’, dan ‘seketat’ dahulu; ketika pada alim ulama mendalami sebuah ilmu kepada seorang ustaz.

Kedudukan ustaz seakan telah digeser; diganti (secara kebiasaan) oleh mbah google. Eksistensi ustaz tidak lagi dipentingkan oleh beberapa orang. Sebab, segala informasi dapat dengan mudah diakses melalui media. Pun persoalan agama, tidak lagi serumit dahulu. Sekarang dapat diakses melalui berbagai alamat; link, tergantung apa yang hendak dicari. Dari problem A hingga Z, kemungkinan dapat ditemukan di media sosial. Sehingga, tidak perlu bersusah payah untuk mendalaminya dengan belajar pada ustaz karena zaman telah dimudahkan

Kedudukan ustaz seakan telah digeser; diganti (secara kebiasaan) oleh mbah google

Bergesernya posisi ustaz yang seharusnya menjadi modal penting memahami sesuatu, terkhusus keagamaan menjadi fakta dewasa kini. Pemahaman agama tidak lagi (dikonstruk) sesulit dahulu. Kini, individu dapat menjelajahi berbagai persoalan apapun, termasuk agama; hanya dengan bermodalkan keinginan dan rasa penasaran yang kuat terhadap persoalan yang terjadi diberbagai belahan dunia, termasuk wilayah domisili tinggal. Alhasil, semua informasi yang digali dapat dengan mudah dicari dan didalami.

Namun, ada ruangan penting yang (sengaja atau tidak sengaja) ditinggal begitu saja oleh individu. Ruangan itu seharusnya menjadi ruangan penting bagi pola ketajaman individu dalam mendalami suatu hal. Kekosongan ruang yang seharusnya diisi oleh para ahli dibiarkan kosong tanpa pengendalian. Akhirnya, proses filterisasi informasi tidak dapat diuji ketajaman logikanya bahkan tidak ada lagi pembimbing yang mengarahkan individu.

Problem seperti demikian tentunya sangat berbahaya dalam mempengaruhi sekaligus membentuk cara berpikir dengan segala informasi yang di dapat. Hal ini disebabkan tidak adanya seorang ahli yang berkompeten dalam suatu bidang yang menjadi tujuan filterisasi atas segala wawasan baru yang di dapat individu atau bahkan sudah diyakini individu dan mendaging.

Kekosongan kedudukan ustaz sebagai seorang ahli yang teruji kelogisan berfikirnya dan mumpuni literasinya menjadi salah satu sebab terjadinya kegagalpahaman dalam beragama bagi individu. Segala bentuk wawasan yang diterima dari segala arah dapat dipercaya jika yang digunakan hanya kekaguman dan keterbatasan pengetahuannya yang tentunya tidak melewati penalaran kritis objektif. Dialektika objektif dalam menguji pengetahuan yang didapat tidak lagi teraplikasikan. Sehingga, terciptalah individu yang tidak dapat menerima kesamaan dan justeru menghindari yang berbeda dengan pengetahuannya.

Bergesernya budaya merasa bodoh kemudian bertanya pada ahlinya menurut hemat saya telah dinormalisasikan dan dilanggengkan. Sedangkan, kekosongan esensi tersebut sangatlah berbahaya. Boleh jadi menjadi sebab dari berbagai polemik yang mendunia dalam beragama. Bagaimana tidak? Ruang filterisasi untuk menguji kebenaran pengetahuan tidak dianggap penting hingga terabaikan. Sebab, setiap orang merasa dirinya pintar dan cerdas dalam segala bidang.

Kehadiran pembimbing dikonstruk tidak lagi dibutuhkan bagi yang pintar dan cerdas. Sedangkan, dalam beragama eksistensi guru sangatlah penting dan dianjurkan. Sebab, setiap permasalahan ‘baru’ (disuatu zaman), tentunya membutuhkan penyelesaian yang bijak. Untuk mencapai kepada keputusan yang bijak tidak hanya sebatas keluasan informasi, tapi juga membutuhkan seorang ahli. Tidak cukup hanya dengan modal cerdas dan pintar, melainkan yang teruji keputusannya. Artinya, subjektifitas minim dilontarkan kecuali jika perlu, layaknya akidah. Bahkan bisa juga dikatakan antara objektifitas dan subjektifitas saling bersinergi.

Untuk mencapai kepada keputusan yang bijak tidak hanya sebatas keluasan informasi, tapi juga membutuhkan seorang ahli. Tidak cukup hanya dengan modal cerdas dan pintar, melainkan yang teruji keputusannya.

Peran media sosial dalam manifestasinya membentuk ruangan baru yang menyelinap dalam bilik epistemologi sangat berpengaruh bagi konsumen. Setiap individu yang menjadi konsumen aktif dari perbincangan media memiliki peluang besar terpengaruh dan mempengaruhi.

Hal demikian juga yang dikenalkan oleh Emile Durkheim dan Max Weber. Dimana manusia memiliki peluang sebagai subjek juga sebagai objek. Artinya, media yang hadir sebagai sarana jarak jauh dapat menjadi alat bagi siapapun untuk membentuk individu maupun membentuk kelompok. Media juga bisa jadi menjadi alat konflik yang luar biasa pengaruhnya bagi wawasan konsumennya. Sehingga, perlu adanya penyaringan dalam bentuk uji kelogisan dalam berfikir; yang terntunya berisi berbagai pengetahuan yang selama hidup di dapat.

Menurut Emile Durkheim bahwa fakta sosial lebih prioritas dibanding fakta individu, artinya untuk mengamati individu secara komprehensif pengamat harus memperhatikan fakta sosial yang melingkupi individu yang hendak di amati. Hal ini dilandasi oleh argumen bahwa individu hidup dalam masyarakat dan kemajuan teknologi yang semakin canggih, sehingga fakta-fakta tersebut membentuk individu bukan sebaliknya individu yang membentuk masyarakat. Dengan kata lain, Durkheim mengungkap bahwa individu itu hasil bentukan fakat sosial yang melingkupi individu itu. Dalam hal ini, fakta sosial ditempatkan dalam media sosial sebagai salah satu bukti kemajuan teknologi dewasa kini, artinya individu dibentuk oleh kemajuan teknologi berupa media sosial yang di dalamnya berisi berbagai berita juga dokrin.

Media sosial dalam pemikiran Durkheim tegolong dalam jenis fakta sosial material. Fakta sosial material dalam hal ini bisa diamati secara langsung dengan indera. Adapun dalam hal ini, jenis fakta sosial ini seperti berita yang tertulis dan memiliki jejak juga media sosial sebagai bentuk kemajuan teknologi dengan berbagai dampak yang dibawanya yakni negatif dan positif.

Selain itu, adapun fakta sosial non-material yang dibawa oleh media sosial yakni berupa pemahaman yang ditangkap oleh individu dari pikiran-pikiran yang diucapkan oleh seorang tokoh (youtube), sehingga ia membenarkannya. Fakta nonmaterial tidak dapat diamati oleh indera, artinya tulisan-tulisan yang ada di media sosial berpengaruh terhadap individu. Bukan itu saja, film-film yang ditayangkan di media sosial juga memiliki daya memikat bagi individu sehingga individu termotivasi bahwan sampai pada taraf meniru apa yang diperankan aktor dalam film tersebut. Pikiran-pikiran seorang tokoh yang diungkapkan melalui rekaman kemudian di unggah di media sosial juga memiliki kekuatan untuk membentuk individu, terutama dalam pemikiran kemudian beranjak pada tindakan.

Individu yang dibentuk oleh media sosial dengan berbagai isi dan ragam corak beritanya, baik positif maupun negatif sebagai fakta sosial akan berdampak pada konsep pemahaman humanis individu. Hal demikian merupakan konsekuensi dari berbagai macam doktrin yang tersebar di media sosial, baik berupa tulisan, video, maupun ungkapan-ungkapan seorang tokoh memiliki pengaruh kuat terhadap individu, artinya individu tercipta dari pengaruh di luar dirinya. Sehingga, daya nalar individu menjadi lemah dalam menguasai dirinya disebabkan intervensi eksternal. Berangkat dari hal inilah, individu tidak memiliki pilihan untuk berkuasa atas dirinya sebagai makhluk yang berakal dan memiliki potensi memilah apa saja dalam kebebasannya, melainkan ia terkurung oleh sesuatu yang dalam pikirannya (doktrin) yang ia anggap sesuai dengan apa yang ia dapat dari media sosial.

Daya nalar individu menjadi lemah dalam menguasai dirinya disebabkan intervensi eksternal. Berangkat dari hal inilah, individu tidak memiliki pilihan untuk berkuasa atas dirinya sebagai makhluk yang berakal

Sedangkan bagi Max Weber mengamati bahwa sosiologi serat dengan kajian tentang tindakan sosial (individu) dalam relasi sosial. Konstruk yang dibangun oleh Max Weber ialah bahwa manusia dianggap sebagai individu yang melahirkan tindakan sosial dan tindakan itu memiliki orientasi pada orang lain, artinya manusia sebagai individu memiliki peluang untuk menciptakan masyarakat melalui tindakan sosial. Dengan demikian, keberadaan media sosial sangat membantu individu untuk menciptakan masyarakat yang sesuai konstruk dalam pengalaman dan pengetahuan, artinya individu sebagai aktor kreatif dan real dalam masyarakat melalui tindakannya.

Perlu digaris bawahi bahwa tindakan sosial yang dimaksud oleh Max Weber merupakan tindakan sosial yang orientasinya bukan benda mati, melainkan orientasinya kepada orang lain. Selain itu, tindakan sosial yang dimaksud Max Weber memiliki makna untuk dirinya, artinya ia sebagai individu yang bertindak memiliki tujuan untuk dirinya sekaligus orang lain sebagai objek tujuan tindakan itu, sehingga tindakan itu bisa berkontribusi pada orang lain baik melalui ungkapan atau pengajaran langsung maupun tidak langsung seperti tulisan.

Jika menggunakan refleksi kritis, maka tindakan sosial yang dimaksudkan oleh Max Weber dapat diterapkan atau disebarkan dengan sarana teknologi yang telah berkembang pesat seperti saat ini, terkhusus media sosial yang saat ini menjadi barang penting bagi setiap individu untuk mencari informasi. Bukan itu saja, media sosial juga difungsikan sebagai alat untuk belajar bagi siapapun dan dimanapun. Hal ini tidak terlepas dari isinya yang bisa beruoa tulisan, ceramah ataupun dakwah. Sehingga, siapa saja dapat mengisinya. Hal tersebutlah yang dinamakan tindakan sosial dengan mendayakan media sosial sebagai alat bantu.

Pengaruh individu dengan tingkat kecerdasan dan kepekaan yang sensitif dapat memberikan suntikan mutual kepada siapapun. Untuk itu, media sosial dengan kecanggihan dan eksistensinya di kehidupan manusia era millenial menjadi suatu hal yang penting dan memiliki esensi yang dipentingkan oleh manusia, salah satunya dapat menjadikan diri manusia lebih eksis (pede dan merasa lengkap). Sehingga, siapapun dapat menjadi pembentuk pandangan lingkungan dengan tindakannya terlepas dari nilai atau dampak yang dibawa yakni kontribusi positif atau bahkan sebaliknya suntikan persepsi negatif.



Penulis: M. Khusnun Niam


Share This :

0 Comments