ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

MBAH YAS, KEWIBAAN DAN KEDISIPLINAN (BIOGRAFI KH. M. ILYAS JAZA)

Kamis, 11 Juni 2020

Siapa yang tak kenal dengan sosok mbah KH. M. Ilyas A. Jaza. Seorang ulama/kiai yang masyhur dengan sifat kedisiplinan dan ketegasannya dalam melakukan segala sesuatu. Beliau dilahirkan di Desa Simbang Wetan gang 1 pada tahun ±1928 M / 1347 H. Tidak ada catatan pasti tentang tanggal dan bulan lahir beliau. KH. M. Ilyas A. Jaza merupakan putra ketiga dari Bapak Ahmad Jaza bin Hasyim bin Syawin dan Ibu Saidah binti H. Mahfudz bin Hasyim bin Abdullah bin Mbah Kalamini. Beliau mempunyai 5 orang saudara kandung yaitu Bihun, Nu'mah, H. Aslahiyah Iyah (Ma'rifah), Khoiron dan Miftah. Selain itu, beliau juga mempunyai 8 saudara tiri (dari pernikahan ayahnya dengan Mbok Wasri) diantaranya yaitu Abdul Rozaq (ayahanda Kiai A. Shodiqin) dan Mabrur.

Mbah Yas, begitulah beliau disapa menghabiskan semasa hidupnya dengan mengajar. Beliau sangat aktif dalam dunia pendidikan, baik di madrasah Salafiyah Simbangkulon maupun masyarakat. Kiprah beliau di madrasah salafiyah Simbangkulon Buaran Pekalongan dimulai dengan mengajar pada tahun 1954-2004. Selain itu, beliau mengajar membaca Al-Quran dan mengajar praktik sholat (majlis ta'lim kaifayatus sholah) di kediaman beliau ba'da asar dan subuh. Dalam mengajar, beliau termasuk guru yang alim, tegas, dan memiliki tanggung jawab yang tinggi. Bagi Mbah Yas, transformasi ilmu tidak hanya terbatas teoritikal belaka, tetapi setiap ilmu mesti diajarkan lewat keteladanan nyata. Keterangan yang disampaikan pun tidak didasarkan pada hipotesis dan pemikiran belaka, tetapi pada penyelidikan anatomi dan pembahasan geometris.

Sosok Mbah Yas yang berwibawa tinggi dibuktikan dengan para santri yang langsung kalang kabut jika melihat sosok beliau. Apabila salah seorang santri melakukan kesalahan, tidak segan beliau menghukumnya atas dasar disiplin yang beliau canangkan dan terapkan. Alhasil beliau mampu mendidik santri-santrinya untuk taat pada peraturan, yang tentunya tidak melenceng dari agama Islam.

Keinginan besar dari kehidupan beliau adalah menciptakan masyarakat yang berilmu tinggi, terutama ilmu agama, sehingga pikiran, tenaga, dan harta beliau diarahkan untuk mencapai hal tersebut.
Ulama karismatik ini menghembuskan napas terakhirnya pada tanggal 09 September 2009 M bertepatan dengan tanggal 10 Syawal 1430 H pukul 04.00 WIB di RS. Kraton Pekalongan. Sebelumnya beliau menderita stroke sejak tahun 2004 dan beliau pernah mengidap penyakit prostat yang menyebabkan beliau harus dioperasi.

Meskipun KH. M. Ilyas A. Jaza telah tiada, kenangan tentang kedisiplinan dan ketegasannya dalam mengajar akan selalu hidup. Kepiawaiannya dalam mencetak santri yang unggul menjadi buah bibir bagi masyarakat dan akan selalu dikenang oleh masyarakat Pekalongan.



Artikel asli dimuat di Buletin Atsar Edisi 16
Share This :

0 Comments