ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

MENELADANI ULAMA KARISMATIK ASAL JEMBER (BIOGRAFI SINGKAT K.H. ACHMAD SIDDIQ)

Senin, 06 Januari 2020


K.H. Achmad Siddiq, yang mempunyai nama kecil Achmad Muhammad Hasan, lahir di Jember pada hari Ahad legi, 24 Januari 1926 (10 Rajab 1344), atau tujuh hari sebelum kelahiran Jam’iyyah Nahdlatul Ulama, dan meninggal dunia pada hari Rabu, 23 Januari 1991 (7 Rajab 1411) di Surabaya. Achmad Siddiq adalah putra bungsu Kiai Muhammad Siddiq dari isteri keduanya, Nyai Hj. Zakiah (Nyai Maryam binti K.H. Yusuf). Achmad Siddiq merupakan putra ke-25 sekaligus anak bungsu dari pendiri Pondok Pesantren Islam As-Siddiqi Putra, dari Nyai Zakiah yang lebih dikenal dengan Nyai Maryam.

Ketika berusia dua tahun, K.H. Achmad Siddiq sudah ditinggal ibunya yang wafat di Laut Merah dalam perjalanan pulang haji dari tanah suci, Makkah. Tujuh tahun kemudian, ayahnya tutup usia ketika Achmad Siddiq belum genap berusia sepuluh tahun. Sejak itu, kakaknya, Mahfudz Siddiq mendapat tugas untuk membesarkan Achmad Siddiq. Dari pengasuhan inilah Achmad Siddiq banyak mewarisi sifat dan karakter sang kakak. Kiai Achmad Siddiq memiliki watak sabar, tenang, dan sangat cerdas. Wawasan berpikirnya amat luas, baik dalam ilmu agama maupun pengetahuan umum.

Perjalanan hidup Kiai Achmad dimulai dari bawah, “Saya pernah menjual baju-baju di pasar,” dan hasil usahanya hanya bisa digunakan untuk membeli rokok. Kehidupannya yang sederhana dan memprihatinkan tidak lantas menghalanginya untuk menikah. Pada tanggal 23 Juni 1947, ia mempersunting seorang gadis bernama Sholihah, asal Desa Mangunsari, Tulungagung, Jawa Timur. Pada awal perkawinannya, Kiai Achmad Siddiq masih merasakan masa-masa yang sulit. Namun, perlahan tapi pasti. Nasibnya mulai membaik ketika ia menjadi penulis pribadi gurunya, K.H. Wahid Hasyim yang menjabat Menteri Agama.
Memasuki tahun ke-8 perkawinannya dirundung kesedihan dengan wafatnya isteri tercinta pada tahun 1955. Segera setelah itu pada tahun yang sama, ia pun menikahi H.J. Nihayah, adik ketiga dari almarhumah isterinya. Dengan isteri pertamanya Nyai Sholihah binti K.H. Abdul Mujib, Kiai Achmad Siddiq dikarunia lima orang anak, dan delapan anak dari Nyai H.J. Nihayah.

Menurut silsilah, Achmad Siddiq adalah keturunan ke-15 dari Joko Tingkir, pendiri Kerajaan Islam di Pajang. Secara lengkap dapat disebutkan, Achmad Siddiq putra Kiai Muhammad Siddiq putra Kiai Abdullah (Lasem) putra Kiai Muhammad Shaleh Tirtowijoyo putra Kiai Asy’ari putra Kiai Adra’i putra Kiai Muhammad Yusuf putra Mbah Sambu putra Raden Sumonegro putra Raden Pringgokusumo (Adipati Lasem III) putra Joyonegoro putra Pangeran Joyokusumo putra Hadijoyo putra Pangeran Benowo II, putra Pangeran Benowo I putra Sultan Hadiwijoyo alias Joko Tingkir alias Mas Karebet. Dari garis Mbah Sambu itu silsilah K.H. Achmad Siddiq bertemu dengan K.H. Hasyim Asy’ari.

PENDIDIKAN
Pengalaman pendidikan Kiai Achmad Siddiq dalam menempuh studi, Kiai Achmad tidak belajar kepada satu guru atau Kiai saja. Sedikitnya ada lima orang yang banyak mempengaruhi jalan hidup Kiai Achmad Siddiq, baik dalam pemikiran maupun sepak terjangnya. Kelima orang tersebut adalah K.H. Muhammad Siddiq, ayahandanya sendiri; K.H. Hasyim Asy’ari, pendiri NU dan pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng Jombang; K.H. A. Wahid Hasyim, K.H. Mahfudz Siddiq, kakaknya sendiri yang pernah menjabat ketua PBNU di zaman Jepang, dan K.H. Abdul Hamid Pasuruan. K.H. Abdul Hamid dianggap sangat berperan besar dalam membentuk perilaku tasawuf Kiai Achmad Siddiq. Kiai Achmad Siddiq pernah menuturkan bahwa K.H. Abdul Hamid Pasuruan adalah pengayom dan pembimbingnya di bidang spiritual.
Selain berguru kepada ayahanda dan kakaknya, Kiai Achmad Siddiq mulai memasuki Tebuireng, setelah belajar pada Sekolah Rakyat Islam dan Belajar agaan dengan ayahnya di Jember. Ia belajar kitab-kitab agama pada Hadratus Syaikh K.H. Hasyim Asy’ari yang antara lain; Tuhfatul Athfal, Fathul Qarib (pada tingkat dasar), Tahrir, Fathul Mu’in (Fiqih), Alfiyah ibn Malik (Ilmu Bahasa Arab), Arudl wa Qawafi (sastra), Jawahir al-Kalamiyah (teologi), Waraqat (Usul Fiqih), Ilmu Falak, Mizan al-Qawim, Uqudul Juman (sastra), serta Tafsir Baidlowi dan Ihya Ulumuddin.

Kyai Achmad Siddiq juga masuk ke dalam madrasah Nidhamiyah-nya K.H. Wahid Hasyim. Bahkan Kyai Achmad Siddiq memperoleh kesempatan menjadi ‘kelompok intelektual santri’ yang secara khusus dikader oleh K.H. Wahid Hasyim. Dalam kelompok terbatas itulah, K.H. Wahid Hasyim selalu mendiskusikan perkembangan politik nasional. Berkat kecerdasan, kesahajaan, dan kemampuan Kiai Achmad Siddiq di bidang menulis dan berpidato, tumbuhlah kedekatannya dengan K.H. A. Wahid Hasyim. Perhatian Gus Wahid sangat besar kepadanya, mulai dari urusan belajar sampai menyusun sebuah konsep kegiatan atau keilmuan. Bahkan, Kiai Achmad Siddiq masuk barisan depan daftar “antrian didikan khusus” Gus Wahid, membawahi Kyai Saifuddin Zuhri dan Kyai Idham Chalid. Sebagai santri garda depan, ia pun diangkat menjadi pengajar pesantren, kader utama, dan selanjutnya menjadi sekretaris pribadi K.H. A. Wahid Hasyim.

JENJANG KARIR DAN PERJUANGAN
Karir dan perjuangan K.H. Achmad Siddiq dimulai pada tahun 1945 ketika ia berusia 19 tahun, Achmad Siddiq menjadi kordinator GPII (Gerakan Pemuda Islam Indonesia) untuk daerah Jember dan Besuki. Aktivitasnya di organisasi kepemudaan yang berafiliasi pada Masyumi, tampaknya membuat hubungannya dengan K.H. A. Wahid Hasyim tak pernah putus. Karirnya di GPII menanjak dan mengantarkan dirinya menjadi pengurus tingkat provinsi Jawa Timur. Dan, pada Pemilu 1955 ia terpilih sebagai anggota DPR Daerah Sementara Jember. Perjuangannya mempertahankan kemerdekaan RI juga tak bisa dinafikan, khususnya perjuangan bersama Laskar Mujahidin/PPPR (Pusat Pimpinan Perjuangan Rakyat) pada tahun 1947.

Di lingkungan NU, karir beliau dimulai dari Jember. Tidak lama setelah itu, ia aktif di NU tingkat wilayah Jawa Timur, hingga terpilih ketua umum tingkat wilayah. Karirnya terus berkembang hingga pada Muktamar NU ke-27 tahun 1984 di Situbondo Jawa Timur yang mengantarkannya ke kursi Ra’is ‘Am PBNU periode 1984-1989. Diangkatnya beliau sebagai Ra’is ‘Am PBNU waktu itu bukan tanpa alasan. Beliau sudah lama di lirik oleh para tokoh NU, di karenakan kepiawaian, kepandaian, dan kecerdasannya.
Beliau mulai mengajarkan dan mengembangkan pemikiran tasawufnya secara intens melalui ceramah, pengajian, serta gerakan ritual yang terhimpun dalam jamaah wirid Dzikir al-Ghafilin. Melalui aurad Dzikir al-Ghafilin, ia berikhtiar untuk menciptakan suasana dan iklim religius guna membentengi masyarakat dalam menghadapi arus global modernitas. Modernitas, bagi Kiai Achmad Siddiq dipandang sebagai sesuatu yang banyak menimbulkan dampak negatif (mudarat) daripada positif. Selain membimbing jamaah Dzikir al-Ghafilin, Kiai Achmad Siddiq juga mendidik santri-santrinya melalui pengajian kitab kuning, seperti Tafsir al- Jalalain, Riyadh al-Shalihin, Hadis Shahih Muslim, Risalat al-Muawanah, Fathal-Qaribal-Mujib (Taqrib), Kifayat al-Akhyar, al-Adzkar, ihya’ ‘ulum al- Din, al-Din al-Islam, dan sebagainya.

AKHIR HAYAT
Kiai Achmad jatuh sakit ketika menghadiri Munas Majelis Ulama Indonesia di Jakarta pada tahun 1990. Setahun kemudian (1990), ia terbaring dengan tubuh tak berdaya di kamar inap RS Dr. Soetomo. Kepada pengurus PBNU, ia mengatakan, “Tugas saya di NU sudah selesai.” Kalimat ini sekaligus menjadi penanda bahwa ajal akan tiba. Tepat pada tanggal 23 Januari 1991, Kiai Achmad mengembuskan nafas terakhir dengan iringan sejuta tangis. Tetapi, sebelum meninggal Kiai Achmad pernah berpesan kepada keluarganya agar dikubur di pemakaman orang-orang penghafal al-Qur’an di kompleks Pesantren Ploso, Mojo Kediri. Sebab, tempat tersebut dipilih karena diyakini sebagai makam ‘Auliya’ (para wali) penghafal al-Qur’an.

sumber : Mustofa, M. Pemikiran KH. Achmad Siddiq tentang Relasi Islam dan Negara di Indonesia. Skripsi UIN Surabaya. 2014



Share This :

0 Comments