ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

SOSOK PENGUSUNG NAMA NAHDLATUL ULAMA (BIOGRAFI SINGKAT KH. MAS ALWI ABDUL AZIZ)

Minggu, 15 Desember 2019
KH Mas Alwi Abdul Aziz, Surabaya. Nama ini tidak semasyhur KH. Hasyim Asy’ari dan KH. Wahab Chasbullah. Kyai Mas Alwi – begitu beliau akrab disapa – adalah sosok yang sunyi, tetapi beliau orang penting dalam jejak lahirnya NU. Ayahnya, KH. Abdul Aziz al-Zamadghon, seorang ulama besar pada jamannya dan termasuk keluarga besar Sunan Ampel. Kyai Mas Alwi punya saudara sepupu yang juga masyhur, yakni KH. Mas Mansur Abdul Aziz, awalnya bersama KH. Wahab Chasbullah dalam mendirikan Taswirul Afkar, tapi kemudian pindah ke Muhammadiyah.

Kyai Mas Alwi adalah salah satu pendiri Nahdlatul Ulama bersama KH. Wahab Chasbullah dan Kyai Ridlwan Abdullah dan lainnya, yang ketiganya bergerak secara aktif sejak NU belum didirikan. Beliaulah yang pertama mengusulkan nama Nahdlatul Ulama. Beliau pernah belajar di pesantren KH. Kholil Bangkalan, Madura. Kemudian melanjutkan ke pondok pesantren Siwalan Panji, Sidoarjo lalu kemudian di Mekkah.
Sebagaimana disebut dalam kisah berdirinya NU oleh KHR. As’ad Syamsul Arifin bahwa, sebelum tahun 1926 KH. Hasyim Asy’ari telah berencana membuat organisasi Jam’iyah Ulama, atau perkumpulan ulama. Saat didirikan dan mau diberi nama, para Kyai berpendapat dan mengusulkan nama-nama yang berbeda. Namun Kyai Mas Alwi mengusulkan nama Nahdlatul Ulama.
KH. Hasyim Asy’ari bertanya : “Kenapa ada Nahdlah, kok tidak Jamiyah Ulama saja?”. Kyai Mas Alwi menjawab : “Karena tidak semua kyai memilki jiwa nahdlah (bangkit). Ada Kyai yang sekedar mengurusi pondoknya saja, tidak mau perduli terhadap jamiyah”. Akhirnya para kyai menyepakati nama Nahdlatul Ulama sebagai pilihan untuk nama sebuah organisasi sampai saat ini.
Tidak ditemukan data yang pasti mengenai kelahiran Kyai Mas Alwi. Hanya ditemukan petunjuk dari kisah Kyai Mujib Ridlwan bahwa ketiga kyai yang bersahabat di masa itu, yakni KH. Ridlwan Abdullah, KH. Wahab Chasbullah dan Kyai Mas Alwi adalah orang-orang yang tidak terlalu jauh jaraknya dalam hal usia. Disebutkan bahwa di awal-awal berdirinya NU yakni tahun 1926, usia Kyai Ridlwan 40 tahun, Kyai Wahab 37 tahun dan Kyai Mas Alwi 35 Tahun. Dengan demikian, Kyai Mas Alwi diperkirakan lahir pada sekitar tahun 1890-an.
Perjuangan KH. Mas Alwi Abdul Aziz bersama Kyai Ridlwan Abdullah dan KH. Wahab Hasbullah serta saudara sepupunya KH. Mas Mansur, turut membidani berdirinya sekolah Nahdlatul Wathon, dan KH. Mas Mansur lah yang menjadi kepala sekolah sebelum terpengaruh pemikiran pembaharuan Islam di Mesir yang akhirnya menjadi pengikut Muhammadiyah.
Share This :

0 Comments