ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

HUKUM TRANSAKSI OLSHOP (TANYA JAWAB FIQH)

Sabtu, 16 November 2019
Segmen; Anda Bertanya, Ansor Menjawab (Terbit Setiap Rabu)

Assalamualaikum. Saya mau tanya kang. Dengan seiring perkembangan teknologi yang semakin maju. Sehingga apapun aktifitas bisa kita lakukan lewat sosial media. Akhir -akhir ini kan banyak jual-beli cukup menggunakan aplikasi saja. Misalnya para pedagang ataupun pembeli bisa menawarkan produknya lewat media sosial tersebut. walaupun diantara mereka tidak bisa bertatap muka antara penjual dan pembeli. Khususnya saya kang, ada seorang pebisnis maupun agen dan sejenisnya. Melakukan jual beli cukup via aplikasi maupun telfon lewat HP. Setelah itu ada kesepakatan kedua belah pihak pembayaranya melalui transfer gitu kang. Lah pertanyaan saya, apakah transaksi seperti itu di bolehkan dan apabila boleh termasuk akad apa kang??
(Taryono - Pemalang )

Jawab :

Waalaikumsalam Sahabat Taryono .
Memang akhiakhir ini bisa disebut zaman serba instan, termasuk jual belipun bisa dilakukan dengan instan tanpa pergi kepasar . Hanya dengan sebuah handphone , seolah dunia sudah di genggaman kita .

Lalu , kembali ke pertanyaan Sahabat Taryono , kami mencoba menjawab dengan salah satu referensi sebagaimana berikut.

Dalam kasus jual beli yang sudah tersebut diasat, termasuk kedalam akad salam yang sah, jika disertai persyaratan penyerahan uang muka di majlis al-aqdi ( tempat berlangsungnya transaksi ). Atau bisa dikategorikan bai' al-maushuf fi al-dzimmah (jual beli yang disifati), jika tsaman (harga) atau mabi' sudah ditentukan dalam akad.
Sebagaimana kami ambil dari Kitab Asy-syarqowy 'ala At-Tahrir Juz 2 Halaman 16 - 17 :

الشرقاوي على التحرير الجزء 2 صح 16-17
(و) العين (التي في الذمة يصح بيعها بذكرها مع جنسها وصفتها كعبد حبشي خماشي) مع بقية الصفات التي تذكر في السلم (وعد) هذا (بيعا لا سلما مع أنها) أي العين (في الذمة اعتبارا بلفظه فلا يشرط فيه فيه تسليم الثمن قبل التفرق) إلا أن يكون ذلك في ربوين فيشرط فيه التقابض قبله كما في العين الحاضرة وهذا إذ لم يذكر مع ذلك لفظ السلم فإن ذكر كأن قال بعتك كذا سلما أو اشتريته منك سلما وعلى كون ذلك بيعا يشترط تعيين أحد العوضين في المجلس وإلا يصير بيع دين بدين وهو باطل (قوله فلا يشترط) تفريع على كونه بيعا اي بل يشترط التعيين فقط على ما سيأتي ويتفرع عليه أيضا صحة الحوالة به وعليه والاستبدال عنه بخلافه على كونه سلما فإنه يشترط تسليم الثمن قبل التفرق ولا يصح فيه شيء مما ذكر – إلى أن قال – (قوله يشترط تعيين أحد العوضين) أي الغير الربوين أي ولا يشترط قبضه في المجلس لأن التعيين بمنزلة القبض لصيرورة المعين حالا لايدخله أجل أبدا .

Tim FASI (Forum Alumni Santri Indonesia) Rijalul Ansor PAC Buaran

Semoga Bermanfaat 🙏

Koreksi, Kritik dan Saran sahabatnet bisa disampaikan kepada admin melalui komentar post ini atau inbox.

Media Ansor Buaran berusaha menyediakan ruang untuk para sahabatnet menyampaikan pertanyaan seputar islam, yang kemudian akan coba dikupas oleh Gus-gus muda pengurus Rijalul Ansor PAC Buaran.

Share This :

0 Comments